Kewirausahaan
Proposal
Usaha “Pempek Palembang”

Disusun
oleh : Septi Rizki Nuryani
NPM : 18613374
Fakultas/Jurusan : Sastra
Inggris
Kelas : 2SA01
Mata
Kuliah : Kewirausahaan
Dosen
: Rooshwan Budi Utomo
Universitas Gunadarma
2014/2015
PENGESAHAN
PROPOSAL
Judul
Kegiatan : Pempek
Palembang
Bidang
Kegiatan :
Kewirausahaan
Pelaksana
Kegiatan : Septi Rizki Nuryani
Npm :
18613374
Hari/
Tanggal :
empat Tempat :
Disetujui
untuk menjalani usaha.
Depok, 25 Maret 2015
Menyetujui,
Dosen Pendamping Pelaksana Kegiatan
Rooshwan Budi Utomo Septi Rizki Nuryani
KATA
PENGANTAR
Segala puji dan syukur kita
panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kita sampaikan kepada teladan
kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman kegelapan hingga zaman
yang terang dengan memberi hikmah dan ilmu bermanfaat bagi seluruh umat manusia,
oleh karenanya saya dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik.
Maksud dan tujuan dari penyusunan
proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen
mata kuliah kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan proposal ini
saya sempat terhambat, namun berkat dukungan dan masukan ide dari berbagai
pihak, akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. Melalui
kesempatan ini saya sampaikan terima kasih pada semua pihak yang telah
membantu.
Saya menyadari bahwa proposal ini
masih ada yang kurang dalam penyusuanannya, karena itu saran dan kritik yang
membangun sangat diharapkan demi memperbaiki sesuatu yang kurang dan mungkin
salah dalam penyusunan proposal ini. Saya berharap agar susunan proposal ini dapat
bermanfaat bagi para pembaca.
Depok, 25 Maret 2015
Penulis,
Septi Rizki Nuryani
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL ………………………………………………………………..
LEMBAR
PENGESAHAN ………………………………………………………..
KATA
PENGANTAR ……………………………………………………………...
DAFTAR
ISI ………………………………………………………………………..
BAB
I PENDAHULUAN
I. Latar Belakang ……………………………………………………………
II. Tujuan …………………………………………………………………….
BAB
II ANALISA
I. Analisa Swot …….………………………………………………….……
II. Analis 4P ………………………………………………...………….……
BAB
III KEGIATAN USAHA
I. Aspek Produksi …………………………………………………………………...
II. Proses
Produksi….……………………………………….………………………..
BAB
IV ASPEK PEMASARAN
I. Segmentasi, Target, Posisi Pemasaran……
…………………………………..
II. Harga
Jual ……………………………………………………………………
BAB
V PERENCANAAN KEUANGAN
I. Modal Usaha………………………………………………………..
II. Rincian Biaya……………………………………………………….
BAB
VI PENUTUP
I. Penutup………………………………………………………………………….
BAB
I
PENDAHULUAN
I.
LATAR BELAKANG
Banyak sekali usaha makanan
dengan aneka ragam bentuk dan cirri khas, dari yang
murah-meriah hingga mahal. Dalam aktivitas sehari-hari banyak mahasiswa yang sibuk dengan kegiatan perkuliahannya,
dan tentu apabila aktivitas semakin padat banyak
mahasiswa yang melupakan pola makannya. Dengan alasan inilah saya ingin menjual salah satu makanan khas dari kota
saya, Pempek Palembang. Makanan ini cukup
sederhana namun sangat cocok untuk dikonsumsi saat senggang dan sekaligus mengenyangkan perut.
Pempek merupakan makanan
sederhana namun sangat cocok untuk dikonsumsi
saat senggang dan sekaligus mengenyangkan perut. Rasanya juga enak, nikmat dan telah dikenal oleh
masyarakat, sehingga saya yakin bahwa usaha ini layak saya jalankan.
Tujuan dari usaha ini lebih saya tekankan
untuk mendapat keuntungan yang maksimal, menyalurkan hobi memasak, dan juga
untuk meningkatkan ketrampilan membuat aneka masakan.
II.
TUJUAN
Memperoleh keuntungan
dengan menjalankan bisnis ini, memudahkan mahasiswa
dalam mencari makanan murah, enak dan sehat, mencari pengalaman berbisnis, mengembangkan salah satu
makanan khas Palembang.
BAB II
ANALISA
I. Analisa SWOT
Analisis SWOT adalah analisis yang mengidentifikasi
berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. SWOT
adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity dan Threat. Adapun penjelasannya adalah sebagai
berikut:
- Strength (Kekuatan)
- Mahasiswa dapat membeli langsung makanan ini tanpa harus mencari di luar kampus.
- Saya menggunakan sistem pemasaran dengan bertemu secara langsung kepada mahasiswa.
- Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh mahasiswa di kampus.
- Menawarkan harga yang sangat terjangkau terhadap mahasiswa.
- Weakness (Kelemahan)
Kelemahan
dari produk makanan saya adalah pempeknya tidak tahan lama dan akan cepat keras
apabila sudah digoreng. Untuk mengatasi kelemahan tersebut maka saya menjual
pempek saya tidak kurang dari 4 jam.
- Opportunities (Peluang)
Peluang saya
adalah apabila usaha telah stabil maka saya akan memperluas pemasaran dengan
area penjualan tidak hanya di wilayah kampus tetapi mencakup ke luar wilayah
kampus dengan cara membuka stan di depan kampus.
- Threat (Ancaman)
Ancamannya
adalah pesaing yang menjual jenis makanan lainnya ataupun makanan yang jenisnya
sama dengan saya. Cara mengatasinya dengan membuat bentuk yang lebih besar dan
lebih giat lagi menjualkannya.
II.
Analisa 4P
Saya juga menganalisa product,
price, promotion dan place agar usaha berjalan lancar yaitu sebagai berikut:
1.
Product (Produk)
Produk
yang dijual adalah "Pempek" yang merupakan makanan enak dan
mengenyangkan.
2. Price (Harga)
Harga
yang ditawarkan relative terjangkau dan sangat bersahabat dengan kantong
Mahasiswa.
3.
Promotion (Promosi)
Dalam
melakukan promosi saya terjun langsung menjualkan makanan ini dan meyakinkan
para Mahasiwa bahwa pempek yang saya jual enak dan bebas dari bahan pengawet.
Selain itu, promosi dari mulut ke mulut.
4.
Place (Tempat)
Tempat yang dipilih adalah Kampus G
Gunadarma dan apabila usaha telah stabil maka saya akan membuka stan.
BAB
III
KEGIATAN
USAHA
I. ASPEK PRODUKSI
Bahan dan Alat
Bahan
|
Alat
|
ikan tenggiri
|
Timbangan
|
tepung sagu
|
Wajan
|
tepung terigu
|
Baskom
|
butir telur
|
Sendok
|
Minyak goreng
|
|
air bersih (untuk merebus)
|
|
Garam secukupnya
|
|
Penyedap
|
|
gula aren
|
|
500 ml air minum bersih
|
|
Cabai rawit
|
|
Cabai merah
|
|
Bawang putih
|
|
Cuka makan
|
II. PROSES PRODUKSI
1. Siapkan wajan dan campurkan ikan giling dengan air es dan garam serta bumbu
1. Siapkan wajan dan campurkan ikan giling dengan air es dan garam serta bumbu
penyedap, aduk ikan giling hingga adonan
benar-benar tercampur.
2. Masukan tepung sagu pada adonan ikan
giling lalu aduk-aduk sampai adonan kenyal dan
tidak lengket lagi.
3. Bentuk adonan dengan melumuri tangan
dengan sedikit tepung agar tidak lengket lalu
bentuk
sesuai selera dan apabila ingin diberi isi, bisa diisi telur dalamnya (telurnya
dikocok terdahulu).
4. Siapkan panci kemudian rebus air yang
sudah diberi 2 sdm minyak goring, setelah air mendidih masukkan adonan pempek
dan masak adonan hingga matang.
5. Siapkan panci untuk memasak cuka pempek
(sambalnya pempek), masukkan 500 ml air bersih, masukkan pula gula aren lalu
masak hingga mendidih.
6. Masukkan campuran bawang putih, cabai
rawit, cabai merah, garam secukupnya dan cuka makan ke dalam rebusan gula aren.
Masak kembali hingga matang.
BAB
IV
ASPEK
PEMASARAN
I. SEGMENTASI,
TARGET, dan Posisi
a. Segmentasi
Demografi penjualan pempek Palembang
ini di tujukan untuk semua usia dan
segmen ekonomi menengah, menengah ke atas, segmen ini dianggap sangat potensial
karena sianggap memiliki kemampuan untuk membeli produk yang ditawarkan.
b. Target
Target Pasar adalah pemilihan pasar dari kumpulan pembeli
dengan kebutuhan atau karakteristik serupa, yakni beberapa kalangan mahasiswa
penggemar makanan pempek yang berada pada kelas ekonomi menengah.
c. Posisi Pemasaran
Pempek
ini saya posisikan pemasarannya di Kampus G Gunadarma, karena di sana adalah
kampus yang letaknya jarang akan rumah makan yang diminati, serta jarangnya
jajanan makanan yang seperti pempek ini.
II. HARGA JUAL
Harga
satu pempek adalah Rp.2.000,-
Target
penjualan setiap hari 30 porsi.
Jadi
pendapatan nya selama:
- /hari : Rp. 210.000,-
- /bulan : Rp. 630.000,-
- /5 bulan : Rp. 3.150.000,-
BAB
V
PERENCANAAN
KEUANGAN
I. MODAL USAHA
Persiapan Modal : RP. 2.000.000,00
II. RINCIAN BIAYA
No.
|
Nama Barang
|
Harga Satuan Barang
|
Jumlah
|
1.
|
Ikan Tenggiri
|
Rp. 30.000/kg x 10
|
Rp. 300.000,-
|
2.
|
Tepung Sagu
|
Rp. 15.000/kg x 5 kg
|
Rp. 75.000,-
|
3.
|
Tepung Terigu
|
Rp.
10.000 x 2
|
Rp. 20.000,-
|
4.
|
Garam & Bumbu Penyedap
|
Rp. 20.000,-
|
|
5.
|
Cabai Rawit
|
Rp.40.000/kg x 6 kg
|
Rp. 240.000,-
|
6.
|
Gula Jawa (Aren)
|
Rp.8000/kg x 10 kg
|
Rp. 80.000,-
|
7.
|
Bawang putih
|
Rp.10.000/kg x 5 kg
|
Rp.50.000,-
|
8.
|
Bawang Merah
|
Rp.15.000/kg x 2 kg
|
Rp.30.000,-
|
9.
|
Cuka Makan
|
Rp.20.000/botol x 2 botol
|
Rp.40.000,-
|
10.
|
Minyak Goreng
|
Rp. 63.000/ jerigenx 3 jerigen
|
Rp. 189.000,-
|
Total Modal Awal
|
Rp. 1.044.000,-
|
BAB
VI
PENUTUP
Saya sangat yakin bahwa usaha ini layak
dijalankan dan diusahakan dengan sebaik mungkin karena semua fasilitas dan
modal awal usaha saya sangat tersedia jelas serta sasaran yang saya tuju pun
sangan luas sehingga kelak nya usaha ini dapat berjalan sampai waktu yang tidak
ditentukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar